Selasa, 05 September 2017

Usaha Ayam Petelur

usaha ayam petelur

Menikmati telur dari hasil ayam peliharaan sendiri merupakan suatu kenikmatan bagi anda yang sudah bersusah payah untuk memelihara ayam dari kecil hingga bisa memproduksi telur. Menjadi pemilik usaha ayam petelur, tentu lebih menyenangkan dari pada sebagian orang yang menikmati telur yang mereka dibeli dipasaran.

Untuk memulai usaha ayam petelur anda memerlukan hal yang paling mendasar seperti membuat kandang , tempat – tempat untuk ayam tersebut bertengger, pemanas atau lampu dan yang paling penting adalah tersedianya air yang cukup. Jadi apa yang perlu anda persiapkan untuk bisa memulai usaha ayam petelur tersebut?.

Tentukan berapa banyak ayam petelur yang akan dipelihara


Biasanya ayam akan bertelur setiap harinya. Jika anda memiliki begitu banyak ayam, maka telur ayam yang akan diproduksi sebayak jumlah ayam yang akan anda pelihara. Jadi sebelum anda memulai sebagai pegusaha ayam petelur, maka sebaiknya anda sudah tentukan berapa banyak ayam petelur yang akan dipelihara. Untuk mendapatkan ayam yang baik dan sehat, anda harus mencari pemasok bibit ayam petelur yang sudah jelas atau sudah terkemuka agar bibit yang diperoleh bisa dipastikan kesehatannya.

Membuat Kandang Ayam


Membuat kandang ayam petelur haruslah yang cukup besar, agar bisa menampung seluruh  ayam yang akan anda dipelihara. Kadang yang dibuat haruslah bisa melindungi ayam dari hujan, angin kencang dan suhu yang ekstrim agar kelangsungan hidup ayam terus berlangsung.

Kotak telur ayam


Nah, sesuai dengan judulnya usaha ayam petelur,  jadi yang sangat diperlukan adalah telur dari ayam yang akan anda pelihara tersebut, maka hal yang tak kalah penting adalah kotak tempat dimana ayam akan bertelur. Buatlah kotak untuk ayam – ayam tersebut bertelur, Sebaiknya kotak untuk ayam bertelur haruslah tertutup atau seperti buatlah sarang. Biar gampang, anda tinggal membuat pintu dibagian belakangnya agar setiap hari anda lebih mudah untuk mengumpulkan telur – telur tersebut.

Tempat ayam bertengger


Sangat penting untuk anda membuat tempat – tempat untuk ayam bertengger. Buatlah dari cabang – cabang pohon kecil, tiang kayu atau bahan lainnya sesuai dengan kandang yang anda buat, agar ayam bisa bertengger pada malam hari. Kemudian anda persiapkan juga tempat untuk kotoran ayam tepat dibawah tempat ayam tersebut bertengger, tempat untuk kotoran ayam tersebut haruslah mudah dibersihkan.